Kesimpulan Materi Tanggal 17 – 2 – 2011
Pemograman Visual
Dalam permograman apapun pasti akan mengenal yang dinamakan Variabel . Untuk kali ini saya menyimpulkan sebagai berilkut :
1. Variabel Global
Adalah Variabel yang bias digunakan atau dibaca oleh semua class dan method yang ada dalam sebuah program.
2. Variabel General
Adalah sebuah variable yang hanya bias di baca atau digunakan dalam 1 kelas atau method
3. Variabel Local
Adalah sebuah variable yang dapat dibaca atau digunakan dalam satu lingkungan atau tempat.
Adapun dalam penulisan variable dan tipe data bisa dalam 1 baris namun harus dipisahkan oleh tanda (,) sebagai contoh “ Dim = kelas , jenjang As String, waktu As Integer “. Apabila kita membuat variable namun tidak digunakan atau di panggil dalam program akan dianggap Error di aplikasi Visual Studio .
Pada kesempatan kali ini saya membuat sedikit materi untuk penggunaan Tool, Objek , Event, dan Properties di Visual Studio

Cara Belajar Objek , Event dan Properties di Visual Studio

Pada kesempatan kali ini saya mencoba menjelaskan sedikit tentang Tool yang digunakan dalam visual studio Silahkan Anda kenali jenis - jenis komponen (Object) yang ada di dalam toolbox :

Memberikan Event Pada Object
Untuk menampilkan jendela kode Anda bisa lakukan dengan cara klik View pada menubar kemudian pilih Code. Anda juga bisa lakukan dengan cara klik kanan pada jendela form, pilih View Code. Silahkan Anda kenali bagian - bagian dari jendela kode :
Pada Combo komponen di jendela kode Anda pilih Command1, kemudian akan tampil listing seperti dibawah ini :

Event Click merupakan event default dari komponen Command1, Anda bisa melihat event - event lain dari komponen Command1 pada combo event yang ada dalam jendela kode.
Program yang berbasis Windows bersifat event - driven yang berarti program bekerja berdasarkan event yang terjadi pada object di dalam program tersebut. Misalnya, jika seorang user meng-klik sebuah tombol maka program akan memberikan "reaksi" terhadap event klik tersebut. Program akan memberikan "reaksi" sesuai dengan kode - kode program yang dibuat untuk suatu event pada komponen (Object) tertentu.
Setelah itu Anda ketikkan Listing seperti dibawah ini :

Simpan Project Anda dengan cara klik menu File yang ada pada menubar kemudian pilih Save Project. Simpan Form1 dengan nama flatih.frm dan simpan Project1 dengan nama latih1.vbp. Di dalam folder project Anda terdapat beberapa bagian file yang terkait, antara lain : file project (*.vbp), File Form (*.frm), dan File Module (*.bas). Kemudian jalankan Project Anda dengan cara menekan F5.

0 komentar:

Posting Komentar

Semangat Never Die

Diberdayakan oleh Blogger.

Cari Blog Ini